Friday, 29 January 2016

STRUKTUR DAN MUATAN KTSP Bagian 1

 1. Mata Pelajaran
Berisi strktur kurikulum tingkat sekolah yang disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan sekolah terkait dengan upaya pencapaian SKL.
Pengembangan Struktur Kurikulum dilakukan dengan cara antara lain:
  • Mengatur alokasi waktu pembelajaran tatap muka seluruh mata pelajaran wajib dan pilihan keterampilan bahasa asing lain
  • Memanfaatkan 4 jam untuk menambah jam pembelajaran pada mata pelajaran tertentu atau menambah mata pelajaran baru.
  • Mencantumkan jenis mata pelajaran muatan lokal dalam struktur kurikulum
  • Tidak boleh mengurangi mata pelajaran yang tercantum dalam standar isi.

2. Muatan Lokal
Berisi tentang jenis, strategi pemilihan dan pelaksanaan mulok yang diselenggarakan oleh seolah. Dalam pengembangannya mempertmbangkan hal-hal sbb:
  • Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi yang bertjuan untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan ciri khas dan  potensi daerah, termasuk keunggulan daerah.
  • Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan
  • Substansi yang akan dikembangkan materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mapel lain atau terlalu luas substansinya sehingga harus dikembangkan menjadi mapel tersendiri;
  • Merupakan mata pelajaran wajib yang tercantum dalam struktur kurikulum;
  • Bentuk penilaiannya kuantitatif (angka)
  • Setiap sekolah dapat melaksanakan mulok lebih dar satu jenis dalam dalam setiap semester, mengacu pada minat dan atau karakteristik porgram studi yang diselenggarakan di sekolah
  • Siswa boleh mengikuti lebih dari satu jenis mulok pada setiap tahun pelajaran sesuai dengan minat dan program mulok yang diselenggarakan sekolah.

Substansinya dapat berupa program keterampilan produk danjasa, contoh:
  1. Bidang budi daya: tanaman hias, tanaman obat, sayur, pembibitan ikan hias dan konsumsi, dll.
  2. Bidang pengolahan: pembuatan abon, kerupuk, ikan asin, baso dll
  3. Bdang TIK dan lain-lain: web desain, berkomunikasi sebagai guide, akuntansi komputer, kewirausahaan dll.

  • Sekolah harus menyusun SK, KD dan Silabus Mata Pelajaran Mulok yang diselenggarakan oleh sekolah.
  • Pembelajaran dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran atau tenaga ahli dari luar sekolah yang relevan dengan substansi mulok.
Lanjut ke Struktur Dan Muatan Kurikulum Bagian 2