Tuesday, 26 January 2016

BENTUK PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

KEGIATAN TERPROGRAM
Adalah kegiatan yang dapat diprogramkan dan direncanakan baik pada tingkat kelas maupun sekolah. Bertujuan memberikan wawasan tambahan pada anak tentang unsur-unsur baru dalam kehidupan bermasyarakat yang penting untuk perkembangan anak.

o   Seminar/workshop: aids, hemat energi, HAM/hak anak, dll.
o   Kunjungan: panti asuhan, tempat/orang yang terkena msibah, tempat-tempat penting dll.
o   Proyek: lomba, pentas, bazaar dll.
·         KEGIATAN RUTIN
Adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler, baik di kelas maupun di sekolah. Bertujuan untuk membiasakan anak mengerjakan sesuatu dengan baik.
Ø  Upacara
Ø  Senam
Ø  Sholat berjamaah
Ø  Pemeriksaan kesehatan
Ø  Pergi ke perpustakaan
Ø  Dll
·         KEGIATAN SPONTAN
Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa dibatasi oleh ruang. Bertujuan untuk memberikan pendidikan pada saat itu juga, terutama dalam disiplin dan sopan santun dan kebiasaan baik yang lain.
Membiasakan memberi salam
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
Membiasakan antri
Membiasakan mengatasi silang pendapat (pertengkaran) dengan benar dll.
Ø  Senam
Ø  Sholat berjamaah
Ø  Pemeriksaan kesehatan
Ø  Pergi ke perpustakaan
Ø  Dll
·         KEGIATAN KETELADANAN
Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja yang lebih mengutamakan pemberian contoh dari guru dan pengelola pendidikan yang lain kepada muridnya . Bertujuan memberikan contoh tentang kebiasan yang baik.
  1. Memberi contoh berpakaian rapi
  2. Memberi contoh memuji hasil kerja yang baik
  3. Memberi contoh datang tepat waktu
  4. Memberi contoh hidup sederhana
  5. Memberi contoh tidak merokok dll.