Saturday, 23 January 2016

KONSEP DASAR KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

ASPEK YANG BERBEDA
     A. Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Berpusat pada peserta didik
2.      Mengembangkan kreativitas
3.      Menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang
4.      Kontekstual
5.      Menyediakan pengalaman belajar yang beragam
6.      Belajar melalui berbuat.
      B. Penilaian
1.      Dilakukan oleh Guru untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang ditetapkan bersifat internal, bagian dari pembelajaran, dan sebagai bahan untuk peningkatan mutu hasil belajar
2.      Berorientasi pada kompetensi, mengacu pada patokan, ketuntasan belajar. Dilakukan melalui berbagai cara antara lain melalui:
Porfolios (kumpulan kerja siwa),
Produckt (Hasil karya),
Performances (Unjuk kerja), dan
Paper & Pen (tes tulis)
        C.     Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah
1.      Mengacu pada Visi dan Misi Sekolah
2.      Pengembangan perangkat kurikulum 
3.      Pemberdayaan tenaga kependidikan dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan mutu hasil belajar.
4.      Pemantauan dan penilaian untuk meningkatkan efesiensi, kinerja dan kualitas pelayanan terhadap peserta didik
5.      Berkolaborasi secara horizontal, dengan:
·         Sekolah lain
·         Komite Sekolah
·         Organisasi Profesi
6.      Berkolaborasi secara vertikal, dengan:
·         Dewan, dan
·         Dinas Pendidikan