ASPEK YANG BERBEDA
A. Kegiatan Belajar Mengajar
1. Berpusat
pada peserta didik
2. Mengembangkan
kreativitas
3. Menciptakan
kondisi yang menyenangkan dan menantang
4. Kontekstual
5. Menyediakan
pengalaman belajar yang beragam
B. Penilaian
1. Dilakukan
oleh Guru untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang ditetapkan
bersifat internal, bagian dari pembelajaran, dan sebagai bahan untuk
peningkatan mutu hasil belajar
2. Berorientasi
pada kompetensi, mengacu pada patokan, ketuntasan belajar. Dilakukan melalui
berbagai cara antara lain melalui:
Porfolios (kumpulan kerja siwa),
Produckt (Hasil karya),
Performances (Unjuk kerja), dan
Paper & Pen (tes tulis)
C.
Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah
1. Mengacu
pada Visi dan Misi Sekolah
2. Pengembangan
perangkat kurikulum
3. Pemberdayaan
tenaga kependidikan dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan mutu hasil
belajar.
4. Pemantauan
dan penilaian untuk meningkatkan efesiensi, kinerja dan kualitas pelayanan
terhadap peserta didik
5. Berkolaborasi
secara horizontal, dengan:
·
Sekolah lain
·
Komite Sekolah
·
Organisasi Profesi
6. Berkolaborasi
secara vertikal, dengan:
·
Dewan, dan
·
Dinas Pendidikan