RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan pendidikan : SMP Negeri 4 Talaga
Materi
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester :
VIII/ 1
Tema : Keunggulan Lokasi dan
Kehidupan Masyarkat Indonesia
Sub Tema : Keunggulan Lokasi Indonesia
Sub Sub
Tema : Keunggulan Tanah
di Indonesia
A. KOMPETENSI
INTI
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR
NO KD
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1.3.
|
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
||
2.1.
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
||
3.1
|
Memahami aspek keruangan dan
konektivitas ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik
|
1.
Menjelaskan keunggulan tanah di Indonesia
2.
Menjelaskan keuntungan kondisi tanah Indonesia
terhadap aktivitas pertanian.
|
|
4.3
|
Menyajikan hasil pengamatan
bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
1.
Menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang
dilakukan masyarakat Indonesia
2.
Menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang
dilakukan masyarakat sekitar perserta
didik.
3.
Menyajikan gambar
contoh pemanfaatan tanah yang dilakukan masyarakat sekitar peserta
didik.
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui metode diskusi kelompok, peserta didik dapat :
- Menjelaskan penyebab suburnya tanah di Indonesia
- Menjelaskan keunggulan tanah Indonesia
- Menyebutkan 2 (dua) keuntungan kondisi tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian
- Menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang dilakukan masyarakat Indonesia
- Menunjukkan contoh pemanfaatan tanah yang dilakukan masyarakat sekitar peserta didik
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Penyebab suburnya
tanah di Indonesia
2.
Keungulan tanah
Indonesia
3.
Keuntungan kondisi
tanah Indonesia terhadap aktivitas pertanian
4.
Pemanfaatan tanah
yang dilakukan masyarakat Indonesia
5.
Pemanfaatan tanah
yang dilakaukan masyarakat sekitar peserta didik
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Scientific Aproach
2. Metode :
Diskusi
3. Model :
Cooperative Learning
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARA.
- Media : gambar tentang pemanfaatan tanah yang dilakukan masyarakat Indonesia
- Alat : notebook, LCD, power point dan ineternet
- Sumber Belajar
-
Mukminan,
dkk. (2014). IPS untuk Kelas VIII SMP/MTs
Semester 1. Buku Siswa. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 8 – 9.
-
Mukminan,
dkk.. (2014). IPS untuk Kelas VIII
SMP/MTs Semester 1. Buku Guru. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 76 – 84
-
Lembar
Kerja Siswa
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|||||||||||||
Pendahuluan
Inti
Penutup
|
a. Peserta
didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa
b.Peserta
didik bersama guru mengkondisikan kelas
c. Guru
memeriksa kehadiran peserta didik.
d. Guru
memberi motivasi :
- menanyakan materi yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya
- menyanyikan lagu “Kolam Susu”
dilanjutkan dengan tanya jawab tentang makna lagu dihubungkan dengan keadaan
alam Indonesia (syair terlampir)
e. Menginformasikan tujuan yang akan
dicapai selama pembelajaran.
f. Menyampaikan secara singkat garis
besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran.
Mengamati
a. Guru menunjukkan gambar pemanfaatan
tanah yang dilakukan masyarakat Indonesia.
- Pertanian
- Tanaman Holtikultura
- Perkebunan
- Kehutanan
b. Peserta didik mengamati gambar yang
ditayangkan oleh guru
Menanya
c. Peserta didik menanyakan hal-hal
yang berkaitan dengan gambar-gambar yang ditayangkan
Mengumpulkan informasi
d. Peserta membentuk kelompok menjadi 5
kelompok (masing-masing kelompok Regosol, Andosol, Gambut, Humus,
Litosol berangotakan 5 – 6 orang.
e. Peserta didik mengkaji materi untuk
dikerjakan dalam kelompok masing-masing, dengan pembagian:
- Kelompok Regosol tentang penyebab
suburnya tanah di Indonesia
- Kelompok Andosol tentang keunggulan
tanah di Indonesia
- Kelompok Gambut tentang kondisi tanah
Indonesia terhadap aktivitas pertanian
- Kelompok Humus tentang pemanfaatan
tanah oleh masyarakat Indonesia
- Kelompok Litosol tentang pemanfaatan
tanah oleh masyarakat sekitar peserta didik
Mengasosiasi
f. Peserta didik mencatat hasil diskusi
untuk kemudian dilaporkan.
Mengkomunikasikan
g. Peseta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok dengan diawali meneriakkan yel-yel kelompok :
- Kelompok Regosol ditanggapi kelompok
Andosol
- Kelompok Andosol ditanggapi kelompok
Gambut
- Kelompok Gambut ditanggapi kelompok
Humus
- Kelompok Humus ditanggapi oleh
kelompok Litosol
- Kelompok Litosol ditanggapi oleh
kelompok Regosol
h. Pelaksanaan konfirmasi dilakukan dengan
memberikan umpan balik berdasarkan hasil presentasi.
i. Pengisian Quiz.
a. Peserta didik dan guru membuat
kesimpulan tentang materi ajar yang telah didiskusikan selama pembelajaran
yang dilakukan.
b. Peserta didik diminta melakukan
refleksi, diminta menjawab pertanyaan reflektif : Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
c. Peserta didik mendapatkan tugas
untuk mengambil gambar tentang pemanfaatan tanah yang dilakukan sekitar
peserta didik untuk kemudian ditempel di mading IPS.
d. Peserta didik membaca materi berikutnya
tentang pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi.
e.
Mengakhiri
pembelajaran dengan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing (religius)
|
20
menit
50
menit
10
menit
|
H. PENILAIAN
1. Jenis/tenik penilain: quis, produk diskusi
2. Hasil diskusi rubrik
3. Pedoman penskoran terlampir
Mengetahui Talaga, Juli 2014
Kepala Sekolah SMPN 4
Talaga Guru Mata Pelajaran IPS
A R J A Y A, S.Pd. Pipih
Napipah, S.Pd.
NIP. 19610310 198203
1 015 NIP. 19771015 200801 2 009